Selasa, 13 Desember 2016

Filsafat Pendidikan Di Indonesia

        Filsafat membahas sesutu dari segala aspeknya yang mendalam, maka dikatakan kebenaran filsafat adalah kebenaran menyeluruh yang sering dipertentangkan dengan kebenaran ilmu yng sifatnya relatif. Karena kebenaran ilmu hanya ditinjau dari segi yang bisa diamati oleh manusia saja, sesungguhnya isi alam yang dapat diamati hanya sebagian kecil saja. Dalam garis besarnya ada emapat cabang filsafat yaitu metafisika, epistimologi, logika dan etika.
1. Metafisika ialah filsafat yang meninjau tentang hakikat segala sesutu yang terdapat di alam ini, dalam kaitannya dengan manusia ada dua pandangan yaitu manusia pada hakikatnya adalh spiritual, dan manusia adalah organisme materi.
2. Epistimologi ialah filsafat yang membahas tentang pengetahuan dan kebenaran.
3. Logika ialah filsafat yang membahas tentang cara manusia berfikir dengan benar, dengan memahami filsafat logika manusia diharapkan bisa berfikir dan mengemukakan pendapatnya secara tepat dan benar.
4. Etika ialah filsafat yang menguraikan tentang prilaku manusia. Nilai dan norma masyarakat serta ajaran agama menjadi pokok pemikiran dalam filsafat ini. Filsafat etika sangat besar mempengruhi pendidikan sebab tujuan pendidikan untuk mengembangkan prilaku manusia, antara lain efeksi peserta didik.
       Filsafat pendidikan ialah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam sampai ke akar-akarnya mengenal pendidikan. pendidikan menurut filsafat ini bertujuan mengembangkan kesadaran individu, memberi kesempatan untuk bebas memilik etika, mendorong pengembangan pengetahuan diri-sendiri, merencana dan melaksanakan sendiri, baik dalam bekerja sendiri maupun kelompok.
       Filsafat pendidikan di Indonesia ialah filsafat umum atau filsafat negara ialah pancasila. Sebagai filsafat negara pancasila patut menjadi jiwa bangsa Indonesia, menjadi semangat dalam berkarya pada segala bidang, dan mewarnai segala segi kehidupan dari hari ke hari. Belum ada upaya mengoprasionalkan pancasila agar mdah diterapkan alam kegiatan-kegiatan dimasyarakat, termasuk penerapannya dalam dunia pendidikan. kalaupun ada bidang studi menyangkut moral pancasila, sebagian besar diterapkan seperti melaksanakan bidang-bidang studi lain. pendidik mengajarkannya, peserta didik menyerap pengetahuan itu, dan kalau sudah tiba saatnya peserta didikmenjaab pertanyaan melaui ujian.
     Sementara itu dunia pendidikan di Indonesia belum punya konsep atau teori-teori sendiri yang cocok dengan kondisi, kebiasaan atau budaya Indonesia tentang pengertian pendidikan dan cara-cara mencapai tujuan pendidikan. sebagian besar konsep atau teori pendidikan di impor dari luar negeri sehingga belum tentu valid untuk diterapkan di Indonesia.


"DAFTAR PUSTAKA"
Pidarta Made. 2013. landasan pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

1 komentar: