Manusia adalah spesies
tertinggi sebagai aktor utama yang menguasai planet bumi.
Spesises tertinggi dapat
ditelusuri dari sisi keistimewaan yang tercipta dengan bentuk terencana, dan
sangat sempurna, keluwesan dari segi bentuk fisik, fungsi otak yang tiada bandingannya,
dan menjadi aktor utama
dalam kehidupan di muka Bumi (Agus Mustofa, 2007:16-19).
Pendidikan sarana membantu manusia agar mampu hidup dalam
kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (Oemar Hamalik, 2005:10).
Hakekat Manusia merupakan
ciri karakteristik yang secara prinsipil membedakan manusia dari hewan,
dengan wujud utamanya, kemampuan menyadari diri, bereksistensi, memiliki kata hati, bermoral, bertanggungjawab, rasa kebebasan, kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak,
dan kemampuan menghayati kebahagiaan (Umar
Tirtarahardja dan La Sula. 2000:3-16)
Dibawah ini
terdapat Dimensi Hakekat Manusia
diantaranya :
1. Keindivualan, memiliki kebutuhan yang tidak dapat dibagi-bagi.
2. Kesosialan, memiliki kemungkinan untuk bergaul dan berkomunikasi.
3. Kesusilaan, memiliki kepantasan dan kesopanan (etiket) serta
kebaikan (etika).
4. Keberagamaan, memiliki keyakinan dan kepercayaan (Umar
Tirtarahardja dan La Sula. 2000:17-24).
"Daftar Pustaka"
Tirtarahardja Umar, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: RINEKA CIPTA.
"Daftar Pustaka"
Tirtarahardja Umar, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: RINEKA CIPTA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar