Ilmu
pengetahuan sosial mengajar kita bagaina hidup bersama, murid-murid atau
anak-anak kita berhubungan dengan manusia-manusia lainnya. Kompleksitas
dinamika masaraka dalam pembangunan termasuk keperluan pendidikan IPS
memerlukan kerja sama antar displin untukmemecahkan masalah dan kebutuhan
pendidikan. Fungsi IPS sebagai pendidikan yaitu membekali anak didik dengan
pengetahuan sosial yang berguna untuk masa depannya, keterampilan sosial an
intelektual dalam membina perhatian serta kepedulian sosialnya sebagai suber daya
manusia yang bertanggung jawab dala merealisasikan tujuan pendidikan nasional.
Program
pendidikan IPS yan kmprehensif adalah program yang mencakup empat dimensi yaitu
dimensi pengetahuan, yang mencakup (fakta, konsep dan generalisasi). Selanjunya
dimensi keterampilan, dimensi nila dan sikap dan dimenai tindakan. Dengan memiliki
keterampilan belajar untuk belajar oleh peserta didik dengan sendirinya akan
dikuasai sejumlah aspek lain, termasuk keterampilan untk hidup. Nilai yang ada
dimasyarakat sangat bervariasi sesuai dengan tingkat keberagaman kelpok
masyarakat dan tindakan sosial merupakan dimensi pendidikan IPS yang penti
karna tindakan dapat memungkinkan peserta didik menjadi peserta didik yang
aktif.
Dengan
demikian dalam mengajarkan IPS pada peserta didik sangat perlu ada upaya
pencarian dan penerapan model pembelajaran yang tepat agar proses belajar
mengajar lebih berkualitas, agar lebih memaham tenang konsep dimensi dan
pengetahan pendidikan IPS hendaknya kita membaca dari berbagai literaturyang
mendukung atau bertanya pada orang yang berkompeten.
“Daftar
Pustaka”
Rachmah
Huriyah, 2014. Pengembangan profesi
pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
“Daftar
Pustaka”
Rachmah
Huriyah, 2014. Pengembangan profesi
pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar