Sabtu, 17 Desember 2016

Dimensi Dalam Pendidikan IPS


Ilmu pengetahuan sosial mengajar kita bagaina hidup bersama, murid-murid atau anak-anak kita berhubungan dengan manusia-manusia lainnya. Kompleksitas dinamika masaraka dalam pembangunan termasuk keperluan pendidikan IPS memerlukan kerja sama antar displin untukmemecahkan masalah dan kebutuhan pendidikan. Fungsi IPS sebagai pendidikan yaitu membekali anak didik dengan pengetahuan sosial yang berguna untuk masa depannya, keterampilan sosial an intelektual dalam membina perhatian serta kepedulian sosialnya sebagai suber daya manusia yang bertanggung jawab dala merealisasikan tujuan pendidikan nasional.
Program pendidikan IPS yan kmprehensif adalah program yang mencakup empat dimensi yaitu dimensi pengetahuan, yang mencakup (fakta, konsep dan generalisasi). Selanjunya dimensi keterampilan, dimensi nila dan sikap dan dimenai tindakan. Dengan memiliki keterampilan belajar untuk belajar oleh peserta didik dengan sendirinya akan dikuasai sejumlah aspek lain, termasuk keterampilan untk hidup. Nilai yang ada dimasyarakat sangat bervariasi sesuai dengan tingkat keberagaman kelpok masyarakat dan tindakan sosial merupakan dimensi pendidikan IPS yang penti karna tindakan dapat memungkinkan peserta didik menjadi peserta didik yang aktif.
Dengan demikian dalam mengajarkan IPS pada peserta didik sangat perlu ada upaya pencarian dan penerapan model pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar lebih berkualitas, agar lebih memaham tenang konsep dimensi dan pengetahan pendidikan IPS hendaknya kita membaca dari berbagai literaturyang mendukung atau bertanya pada orang yang berkompeten.

 
“Daftar Pustaka”
Rachmah Huriyah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.









“Daftar Pustaka”
Rachmah Huriyah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar