Kamis, 22 Desember 2016

Model Reasoning and Problem Solving


Kemampuan reasoning and problem solving merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki peserta didik ketika mereka meninggalkan kelas untuk memasuki dan melakukan aktivitas di dunia nyata. Aktivitas problem solving diawali dengan konfrontasi dan berakhir apabila sebuah jawaban telah diperoleh sesuai dengan kondisi masalah, dan kemampuan pemecahan masalah dapat diwujudkan melalui kemampuan reasioning.
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah sebuah metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih peserta didik menghadapi berbagai masalah baik pribadi atau perorangan maupun kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Pada model pembelajaran ini guru berperan sebagai koselor, konsultan, sumber kritik yang konstruktif, fasilitator dan pemikir tingkat tinggi. Sarana pembelajaran yang diperlukan adalah berupa materi konfrontatif yang mampu membangkitkan proses berfikir dasar, kritis, kreatif, berfikir tinggkat tinggi dan strategi pemecahan masalah non-rutin, dan masalah-masalah non-rutin yang menantang peserta didik untuk melakukan upaya reasioning and problem solving.

"Daftar Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar