Sabtu, 17 Desember 2016

Kebudayaan dan Pendidikan


Kebudayaan menurut Taylor adalah totalitas yang komples yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh orang sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan juga mencakp semua cara hidup ditambah dengan kehidupan manusia yang diciptakan oleh manusia itu  sendiri sebagai warga masyarakat. Kebudayaan itu akan berubah terus sejalan dengan perkebangan zama, percepatan perkembangan zaman, percepatan perkembangan ilmu dan teknologi serta perkembangan kepandaian manusia.
Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan pendidikan dan kebudayaan mempunyai pengaruh timbal balik diaan bila kebudayaan berubah maka pedidian juga bisa berubah dan bila pendidikan berubah akan apat merubah kebudayaan. Di sini tampak bahwa peranan pendidikan dalam mengembangkan kebudayaan adalah sangat besar . pendidikan dapat mengembangkan kebudayaan, sebab pendidikan adalah tempat manusia-manusia dibina, ditumbuhkan dan dikembangkan potensi-potensinya. Semakin potensi seseorang dikembangan semakin mampu ia menciptakan atau mengembangkan kebudayaan, sebab kebudayaan dikembangkan oleh manusia.
Pendidikan adalah suatu proses membuat orang kemasukan budaya, membuat orang berprilaku mengikuti budaya yang memasuki dirinya, sebab dimana pun oarang berada disitulah terjadi proses pendidikan, dan disiu terjadi enkulturasi. Sekolah adalah salah satu dari tempat enkulturasi, tepat-tempat lain adalh dalam keluarga, dalam perkumpulan pemuda, perkumpulanolah raga, kesenian, keagamaan, ditmpat-tempat kursus, latihan dan sebagainya. Ekultrasi dapat membuat orang menjadi kaku dalam budaya i sendiri, ia hanya mampu berfikir, berkata dan bertindak sesuai dengan budaya yang dipelajarinya dan hal eperi ini tidak diharapkan oleh pendidikan.
Sejak dini anak-anak perlu di didik berfikir kritis, mampuan untuk mepertimbangkan secara beas diembangkan. Hal ini dapata dilakukan dengan cara memberi kesempatan mengamati, melaksanakan, menghayati dan menilai kebudaaan yang ada. Suatu budaya sesungguhnya merupakan bahan masukan atau pertimbangan bagi anak dalam mengembangkan dirinya adakalanya bagian budaya akan dipakai terus, adakalanya diperbaiki dan adakalana dibuang diganti dengan yang baru. Hal demikian bergantung kepad pembinaan pendidik, pengaruh lingkungan dan hasil penilaian anak itu sendiri. Dengan demikan kebudayaan dan pendidikan saling terkait satu sama lain dalam segala perubahan yang ada.

“Daftar Pustaka”
Pidarta Made, 2013. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar