Model
inquiry adalah salah satu model pembelajaran yang memfokuskan pada pengembangan
kemampuan peserta didik dalam berfikir reflektif kritis, dan kreatif.
Pelaksanaan inkuiri di dalam pembelajaran pengetahuan sosial dirasionalisasi
pada pandangan dasar bahwa dalam model pembelajaran tersebut, peserta didik
didorong untuk mencari dan mendapatkan informasi melalui kegiatan belajar
mandiri.
Pengembangan
strategi pembelajaran dengan model inkuiri dipandang sangat sesuai dengan
karaktristik materi pendidikan pengetahuan sosial yang bertujuan mengembangkan
tanggung jawab individu dan kemampuan berpartisipasi aktif baik sebagai anggota
masyarakat dan warga negara. Untuk model ini terdapat tiga prinsip kunci, yaitu
pengetahuan bersifat tentatif (proses penelitian secara berkelanjutan), manusia
memiliki sifat yang ingin tahu yang alamiah (peserta didik melakukan eksplorasi),
dan manusia mengembangkan individualiti secara mandiri (kemandirian).
"Daftar Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
"Daftar Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar